Jaringan Tanpa Batas "WIMAX


Teknologi WIMAX



oleh : Dila Nurlaila
13102009




BAB I
PENDAHULUAN
Teknologi telekomunikasi di tahun 2015 banyak mengalami perubahan yang signifikan. Tuntutan dari kebutuhan masyarakat yang selalu ingin terdepan membuat perusahaan – perusahaan telekomunikasi berlomba untuk menciptakan revolusi teknologi telekomunikasi yang canggih.
Salah satu teknologi telekomunikasi yang mampu memberikan akses jaringan yang cepat adalah teknologi WIMAX. Teknologi broadand  bernama WiMAX yang telah menjadi popular dalam beberapa tahun ini. WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) mempunyai potensi untuk menggantikan sejumlah infrastruktur telekomunikasi yang ada. Dalam konfigurasi fixed wireless, WiMAX dapat menggantikan jaringan copper wire perusahaan telepon, maupun infrastruktur coaxial cable TV kabel yang juga menawarkan pelayanan Internet Service Provider (ISP). Teknologi wimax adalah teknologi wireless tanpa kabel yang cakupannya mencapai WAN (wide arena network).  WiMax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) atau bisa kita singkat BWA (Broadband Wireless Access). WiMax merupakan jaringan wireless yang hanya mencakup klasifikasi jaringan WMAN (Wireless Metropolitan Area Network) yang memiliki kecepatan transfer rate data per/bit yang cukup cepat berkisar antara 60-70 MBps dan memiliki jangkauan jarak frekuensi yang mencapai hingga 50 KM.  Teknologi jaringan WiMax ini memiliki standar IEEE 802.16, merupakan penggabungan antara standar WiMax dengan standar ETSI HiperMAN, teknologi jaringan WiMax ini sangat cocok di terapkan pada daerah desa terpencil yang belum adanya infrastruktur yang menyediakan layanan telekomunikasi dan sulitnya medan untuk membuat jaringan telekomunikasi yang menggunakan kabel, maka dari itu teknologi WiMax menjawab semua kesulitan tersebut dengan teknologi wireless yang menggunakan frekuensi mencakup area yang cukup luas. Yang menjadikan WiMAX semakin popular pada beberapa tahun terakhir ini adalah kemampuan transmisi datanya yang berkecepatan tinggi dan mempunyai jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan teknologi broadband wireless yang ada sebelumnya.


BAB II
PEMBAHASAN
A.       Apa itu Wimax secara Umum
WiMAX atau Worldwide Interoperability for Microwave Access adalah sebuah teknologi wireless yang mengoptimalkan pelayanan IP centric untuk daerah yang luas, WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA, oleh karena itu WiMAX sering disebut dengan teknologi koneksi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas.
Dengn demikian, teknlogi ini memberikan kemudahan untuk kita bisa mengakses internet dimanapun, sebab jangkauan dari wimax sendiri bisa hamper beberapa KM. Seperti yang telah disebutkan bahwa teknologi WiMAX mempunyai keunggulan dibandingkan dengan teknologi sebelumnya. Keunggulan WiMAX yaitu :
1.      Area yang dijangkau lebih luas, maksimal mencapai 50 km.
2.      Wilayah pasar WiMAX jauh lebih luas.
3.      Kecepatan data bisa mencapai 70 Mbps.

1 . Sistem WiMAX menyediakan fasilitas akses internet melalui menara WiMax WiMax dan receiver. WiMAX Tower mampu mencakup area yang lebih luas di kisaran 8 ribu kilometer persegi . Hal ini seperti menara ponsel (BTS)

2 . Penerima (receiver) WiMax dan antena bekerja dengan arah yang sama dengan jaringan WiFi Ini memiliki inbuilt (terbangun) fasilitas untuk mengakses jaringan . Kartu PCMCIA adalah built-in dengan laptop untuk menerima dan menyampaikan sinyal (WiFi).

3 . WiMax stasiun tower menyediakan fasilitas bandwidth tinggi seperti T3 . Anda juga dapat menghubungkannya dengan koneksi kabel . Anda juga dapat terhubung ke menara WiMax dengan jalur microwave. Koneksi dengan satu menara yang lain adalah keuntungan besar untuk mendapatkan manfaat untuk menghubungkan di daerah pedesaan

4 . WiMAX menyediakan sambungan dalam dua jenis layanan nirkabel . Ada garis penglihatan dan non - berhadapan tersedia dalam layanan WiMax . Dalam garis layanan ada antena tetap digunakan di atas rumah atau kantor atas untuk menghubungkan jaringan . Jalur lebih statis dan konektivitas yang baik. Anda bisa mendapatkan kecepatan lebih cepat dengan error sedikit.

5 . Dengan 'non-line- of-sight' jaringan kerja pada baris yang sama dengan jaringan WiFi . Dalam hal ini Anda perlu antena kecil di komputer untuk mendapatkan koneksi jarak jauh . WiMAX menyediakan layanan dalam kisaran 2 sampai 11 GHz .
    
BAB III
KESIMPULAN
Dengan semakin canggihnya teknologi telekomunikasi saat ini dapat membantu semua kebutuhan dari setiap masyarakat modern, terlebih lagi untuk merasakan pengalaman akses jaringan yang luas dan cepat bisa di ciptakan dengan menggunakan teknologi Wimax. Dengan memanfaatkan teknologi ini masyarakat di pedesaan akan bisa terbantu karena jaringan akses internet sudah dalam genggaman.

 DAFTAR PUSTAKA

1. http://kevinsource.blogspot.com/2013/09/5-fungsi-penting-wimax.html#.VXJml1Jyzm4
2. slideshare.net// Makalah Wimax.
3. http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX

tugas makalah sistem telekomunikasi
http://ST3TELKOM.AC.ID
Jaringan Tanpa Batas "WIMAX Jaringan Tanpa Batas "WIMAX Reviewed by nur on June 05, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.