[Review] First Touch Soccer 2015 Game


          First Touch Soccer 2015 merupakan salah satu game sepak bola di mobile game smarthphone dan salah satu rival game sepak bola terkenal yaitu  FIFA Soccer ataupun PES (Pro Evolution Soccer). FTS 15 bisa dikatakan sebagai pendatang baru di dunia game sepak bola khususnya game mobile, tentu banyak yang bisa diulas tentang game ini, hanya saja sebelum kita membandingkannya dengan game setara FIFA dan PES yang harus kita ketahui bahwa FTS 15 ini merupakan game freemium, maka dari itu tentu banyak keterbatasannya.

 Berikut review nya


GAMEPLAY


Saat pertama kali memainkan Game ini kita tidak langsung bisa memainkan mode yang seperti game sepak bola di PlayStation, hanya mode manager yang akan terbuka dan kita diharuskan untuk mendaftarkan diri untuk menjadi manager dari sebuah club dan karena ini merupakan game Freemium maka tidak semua club terbuka untuk kita  pilih hanya ada beberapa club saja dari berbagai league yang di sediakan dan club nya pun tidak begitu terkenal.


Setelah memilih club mana yang akan kita mainkan, maka selanjutnya kita bisa bermain di mode daily match challange pada mode ini pun system akan memilih club secara default untuk bisa di mainkan. Nah bagi kalian yang ingin memainkan mode full nya bisa menjadi member VIP dengan menukarkan Coin gold sebanyak 4000 atau membayar dengan kartu kredit sebesar Rp 69.000,00. Ya seperti yang aku bilang tadi bahwa game ini tidaklah full sepenuhnya gratis tetapi Freemium maksudnya adalah game yang di download gratis tetapi tidak full version jika mau memainkannya secara puas kita harus melakukan IAP atau Inn App Purchase, tetapi pada mode manager permainan tidak akan begitu mengecewakan karena Manager mode di game ini bukan berarti kamu hanya menyusun pemain untuk setiap pertandingan seperti di Football Manager tetapi kamu juga harus mengendalikannya.


            Pada Game control yang diberikan dibagi atas 2 jenis. Pertama D-Pad dan kedua Touch. Aku sendiri lebih memilih D-Pad karena lebih mudah. Lalu pada layar pojok sebelah kanan ada 3 tombol A, B, C  yang digunakan untuk mengontrol action yang dilakukan oleh pemain. 




\
Masing masing tombol memiliki fungsinya sendiri. Untuk menggerakkan pemain kamu bisa menggunakan D-Pad tersebut ke arah mana saja. Sementara pada tombol A, B, C yang ada di pojok kanan fungsinya ada 2 . Ketika menyerang, A berfungsi untuk tendangan ke gawang, B untuk passing, dan C untuk lob passing. Untuk melakukan skill move kamu bisa swipe di layar atau double tap. Nah fungsi keduanya ketika bertahan, A untuk tackle keras, B untuk tackle ringan dan C untuk mengganti pemain yang ingin dikontrol.


GRAPHICAL DESIGN AND USER EXPERIENCE

Dari sisi Game Play FTS 15 cukup memuaskan dalam hal grafis meskipun tetap kalah dari FIFA 16 yang tingkat grafisnya menampakan gambaran seperti realita. Hanya saja kekurangan dari game play nya terletak pada action yang di hasilkan dari tombol control, terkadang tombolnya D – Pad nya sering macet dan lengket sehingga tidak bisa di kontrol dan juga keakuratan dari tombol kanannya juga kurang misal ketika pemain akan melakukan passing ke pemain lain bola terkadang melenceng dan tidak tepat sasaran padahal kick assist nya sudah ditingkatkan keakuratannya.



Satu lagi yang menjadi nilai minus dari game ini adalah waktu yang diberikan pada setiap babaknya kurang memuaskan, durasi permainan sepak bola di kenyataanya 90 menit hanya diberikan durasi 2 menit untuk 2 babak di game sepak bola FTS 15 ini, jika ingin menambahkan waktu yang cukup lama anda harus menjadi member VIP dengan membeli coins Gold.

REWARD AND PUNISHMENT

Seperti pada umumnya permainana sepak bola, setiap kali pemain melakukan pelanggaran bisa di kenakan kartu peringatan kuning dan merah, nah bagi pemain yang melakukan pelanggaran dan mendapatkan kartu merah maka club nya akan di berikan punishment berupa pengurangan jumlah pemain.

Jika club kalian memenangkan setiap kali pertandingan, kalian akan mendapatkan reward berupa gold kurang lebih 10 coins. Diatas kan tadi kita udah bahas mengenai mode game yang ada di game ini hanyalah manager mode saja, nah untuk membuka mode quick match ataupun mode tournament maka kita harus membayar sebesar 4000 coins gold. Kebanyang kan berapa kali pertandingan yang harus dimenangkan untuk bisa mengumpulkan coin sebanyak itu, belum lagi jika ada pemain yang kesehatannya menurun maka untuk menaikkannya kita harus membeli Health Player yang jumlahnya tergantung tingkat kesehatan pemain. Salah satu solusi jika kalian ingin menjadi member VIP ya belilah IAP.

KESIMPULAN

Over all game ini memang cukup menarik (bagi saya) bagi mereka yang hanya menjadikan game sebagai pengisi waktu senggang, karena game ini juga begitu menarik dan hampir menyaingi rival nya FIFA Soccer. Game ini cukup memuaskan bagi para pecinta game gratisan dengan design interface dan grafis yang high end. Yang membuat saya tertarik memainkannya adalah hmm ya karena saya suka game sepak bola .

[Review] First Touch Soccer 2015 Game [Review] First Touch Soccer 2015 Game Reviewed by nur on February 12, 2016 Rating: 5

2 comments:

  1. wuih keren kak, cewe penggemar game sepakbola.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya,, baginya kliknya dong :v wkwk

      Delete

Powered by Blogger.