Force Close, Cari tau penyebabnya

Force Close atau jika diartikan menggunakan google translate berarti "kekuatan dekat" #eh -_-" (serius ini artiannya) bukan bukan google mah ngaco, kesimpulan jangan terlalu cepat percaya pada google yang disebut sebut mengetahui segalanya buktinya kalo kita ketik di mesin pencariannya "aga kugu cagan tigik sege kaga ligi iuuh" hasilnya nihil, oke untuk anak 90 an pasti tau ini bahasa sandi planet mana.
Oke kita sudah melenceng dari judul, balik ke topik "Force Close" yang mana singkatnya merupakan error yang terjadi pada aplikasi yang sedang dijalankan, atau bahasa kerennya error runtime. 
widih oke bahasan kali ini mungkin agak bermanfaat kali ya, bukan berarti postingan sebelumnya tidak bermanfaat seperti "TRIPS uang menipis tapi tetap bisa kenyang" dan beberapa yang lainnya. hanya saja penulis merasa bahasan kali ini akan sedikit ilmiah dan sedikit berbau programmer. 

Force close sering terjadi pada penggunaan smarthphone android yang disebabkan oleh hilang atau rusaknya suatu fungsi system yang ada di file apk. misalnya kita baru saja menginstall / meng-upgrade suatu aplikasi pada saat installan semua berjalan lancar tanpa kendala, masalah muncul saat hendak memulai untuk menggunakan aplikasi tersebut, tiba - tiba muncul pesan "unfortunatelly, force close has stopped. please try again" meskipun di alihkan untuk mencoba ulang tapi hal ini tidak begitu membantu. karena pada dasarnya ada suatu fungsi yang hilang dan harus di perbaiki.
Force close biasanya di sebabkan oleh : 
1. aplikasi yang di instal masih dalam tahap Beta
2. Ram atau memori android kalian tidak cukup untuk menjalankan aplikasi, sekalipun bisa mungkin akan sangat lambat hal ini dikarenkan banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar
3. Sistem kernel yang mengalami kesalahan dalam mengeksekusi atau menjalankan program.
4. Koneksi internet yang tiba-tiba terputus hal ini menyebabkan di beberapa aplikasi yang membutukan koneksi internet seperti game online, streaming ataupun aplikasi chatting.
5. Masalah hardware yang kurang mendukung. atau android kalian tidak compatiblle

untuk solusinya teman teman bisa melakukan pembersihan data, seperti mereset ulang aplikasi seperti saat pertama kali di install, hal ini tidak akan membuat data penting hilang hanya saja data yang sifatnya sementara akan dihapus.
caranya : 
1. Buka Pengaturan dan pilih Kelola Aplikasi
2. Pilih jendela "Diinstall"
3. pilih aplikasi yang mengalami force close
4. lalu hapus data
jika cara diatas tidak begitu memberikan harapan, silahkan lakukan re-install atau wipe data.

 terima kasih to be continue "force close untuk mode pengembang" .. ditunggu
Force Close, Cari tau penyebabnya Force Close, Cari tau penyebabnya Reviewed by nur on December 29, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.