Fix Error Unable to merge multidex

Hei,
Bagi kalian yang lagi develope aplikasi android secara native dengan Android Studio versi baru yaitu Android Studio 3 pasti pernah nemu error yang kaya begini


Saya sendiri, baru aja upgrade AS saya dari 2.3 ke versi terupdate karena tuntutan kerjaan, tapi tetap versi lamanya nggak saya hapus karena AS yang sekarang itu unik, google memastikan bagi pengembang yang menggunakan AS bisa melakukan upgrade tanpa harus meng-uninstal versi lama, yang pasti pas instal jangan menggunakan SDK yang sama dengan versi AS yang lama (kalo kasusnya kalian sama kaya saya) alasannya kenapa, baca aja disini.

Balik ke topik, jadi error multidex itu disebabkan (sejujurnya saya juga nggak tahu) kalian bisa baca referensi lengkapnya langsung dari google "Konfigurasi multidex". Yang mau saya bagikan disini hanyalah cara solve error tersebut

Ada beberapa langkah untuk memperbaiki error ini, saya udah nyoba semua cara yang ada di stackoverflow dan referensi dari developer android sendiri, tapi nggak ada yang solve.  Menurut saya ini tergantung dari device dan amalan dari masing - masing orang yang mengalami.

1. Menambahkan multidexenabled di gradle

Bagi teman - teman yang mendevelope aplikasinya dengan minSDKversion yang di pakai di atas 20 maka tambahkan multiDexEnabled true di dalam file build.gradle


Jika di bawah 20, tambahkan library dukungan multidex 

          dependencies {
             compile 'com.android.support:multidex:1.0.0'
            }

2. Menambahkan referensi kelas MultiDexApplication di file Manifest

Di file manifest tambahkan referensi pada tag <application>, bisa liat contohnya dibawah

3. Pastikan semua library yang anda gunakan semuanya new version

Ini cara yang saya pake buat mengatasi error ini, awalnya semua library di folder gradle tidaklah menunjukkan error hanya saja hampir semuanya warning, karena saya putus asa dengan semua tutorial yang ada, jadi saya mencoba untuk memperbarui setiap library tersebut dan jangan lupa untuk meng-clean dan rebuild project.
and Walla, Problem has solved :D



Fix Error Unable to merge multidex Fix Error Unable to merge multidex Reviewed by nur on March 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.