Tempat makan favorit untuk buka puasa di Purwokerto


Source picture : canva.com

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatu.
Hei hei, Alhamdulillah kita sudah masuk di hari kedua Ramadhan, gimana puasanya ? masih pada semangat kan :)

Nah kali ini saya bakalan ngasih rekomendasi tempat favorit untuk buka puasa di kota Purwokerto, sedikit cerita aja bagi yang belum tau Purwokerto atau malah sering ketuker sama Purwakartanya Jawa Barat hehe, kota kecil ini terletak di kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kota kecil yang indah dimana terkenal dengan 1001 curugnya karena terpadat salah satu gunung besar di Jawa, yaitu gunung Slamet.

Saya bukan asli orang sini, tapi semenjak berdomisili disini untuk menimba ilmu, saya sudah jatuh hati dan malah bikin betah nggak mau pulang, hehe. Purwokerto bukanlah kota metropolitan tetapi juga bukan kota kecil biasa, kearifan lokal disini dibarengi dengan moderenisasi yang cukup baik dan seimbang. 

Disini ada mall, tapi masih banyak juga sawah - sawah di tengah kotanya, anak - anak mudanya pun mengerti fashion kekinian tetapi juga masih tetap menjaga budaya lokal seperti 'kentongan'. Purwokerto bisa dibilang mirip - mirip jogja gitu, tapi lebih adem dan bersih, dan kotanya tertib banget sekaligus tidak macet.

Nah berhubung bulan puasa ini saya masih di Purwokerto dan belum mudik, jadi saya mau ngasih beberapa tempat favorit untuk berbuka puasa (menurut pengalaman dan pengamatan pribadi berdasarkan tingkat keramaian) dengan menu - menu yang enak dan murah serta terdapat fasilitas yang bisa membantu kita untuk menjaga ibadah seperti sholat.

baca juga : Ngabuburit antimainstream yang menghasilkan pahala

So yang pertama

1.  Waroeng SS (spesial sambal)

Waroeng SS
Kalo kamu cari tempat makan berat (nasi), dengan menu yang buanyak dan menu sambal yang beragam, Waroeng SS ahlinya. Pertama kali pas mulai tinggal di Purwokerto saya diajak temen buat makan di SS dan semenjak itu saya jadi sukaaaa bangeet, (kebetulan di Sumatera nggk ada).

Warung ini selalu ramai pengunjung terlebih di jam - jam istirahat (makan), dan lebih lebih di bulan Ramadhan. Uniknya SS juga buka untuk melayani teman - teman yang sahur dan diwaktu ini juga tempatnya rame banget, bahkan setahu saya kita tidak diperbolehkan untuk reservasi tempat jadi ya harus cepat - cepatan.

Untuk harga nya sendiri semuanya murah - murah (cuma sayang sekarang sudah ada Ppn-nya) mulai dari harga seporsi sambal 1500 - yang paling mahal sekitar 18ribuan untuk lauk ayam/daging. Nah untuk fasilitas tempatnya juga oke banget, ada mushola dan toiletnya bersiih banget. Jadi cocok banget buat yang mau buka puasa bareng disini meskipun harus cepat - cepatan hehe.

Lokasinya ada di Jalan Bank arah mau ke stasiun, dan satu lagi di Selatan Gor Satria Purwokerto.

2. Ayam Penyet Surabaya

Ayam Penyet Surabaya
Masih dengan menu yang sama, yaitu makanan berat. Buat kamu pecinta bakar - bakaran dengan rasa gurih, disini tempatnya. Terletak di Jalan Dr. Angka yang megarah ke hotel Horison, Ayam Penyet Surabaya adalah tempat makan favorit di jam - jam makan siang dan malam hari, tempat ini selalu ramai pengunjung terlebih di bulan puasa, banyak banget yang milih tempat ini sebagai tempat buka puasa bersama.

Menu makanannya pun juga enak - enak, favorit saya adalah ayam bakarnya, rasanya menggugah selera banget, harganya pun tidak terlalu mahal karena ada menu paketan yang sudah include semuanya termasuk sayur dan sambal sekaligus minuman.

Tempatnya luas dan bersih serta ada musholanya, cocok banget buat kamu yang mau ngadain buka puasa bareng, dan karyawannya pun juga religius, beberapa kali teman saya mengatakan bahwa ketika adzan berkumandang sebagian karyawan akan melaksanakan shalat wajib berjama'ah secara bergantian. MasyaAllah

3. Waroenk Ora Umum


Ya warung kekinian yang banyak digandrungi oleh anak - anak nongkrong Purwokerto, menyajikan makanan yang katanya antimainstream (kaya tagline warungnya), warung yang bertajuk cafe ini lumayan diminati, terlebih tempatnya yang cozy dan cocok buat ngobrol santai ala anak muda.

Menu makanannya cukup beragam, mulai dari makanan ringan hingga berat kaya nasi dan roti, yang unik tempat ini menyediakan game board yang bisa dipinjam dan dimainkan ditempat, mungkin ini yang bikin anak - anak pada betah sekaligus disediain wi-fi gratis, harga juga umum kaya nama warungnya hehe. Kalo untuk fasilitas ibadah kayanya sih ada deh (lupa - lupa ingat).

Menurut hemat saya, tempat ini juga ramai sekali pengunjung dibulan Ramadhan, meskipun saya belum pernah mengadakan acara buka bersama ditempat itu, tapi setiap kali lewat pasti rame haha, alamatnya ada di Jalan Dr. Soeparno arcawinangun, jalan arah mau ke Unsoed belakang.

Masih banyak tempat - tempat makan favorit di Purwokerto yang juga hits ketika bulan Ramadhan, seperti :
 - Level up
 - Warung UpNormal
 - Loja de cafe
 - Ayam tantene
 - Djago jowo
 - Ramesan 36
 - SA 2
 - kosan temen (hehe bonus)

Nah itu beberapa tempat makan favorit di Purwokerto untuk berbuka puasa, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dikarenakan penulis yang bukan anak nongkrong suka icip - icip tempat makan baru hehe (karen takut).

Dadah Wassalamualaikum

Nice to read :  Kaya dengan sedekah, buktikan!!
Tempat makan favorit untuk buka puasa di Purwokerto Tempat makan favorit untuk buka puasa di Purwokerto Reviewed by nur on May 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.