Aplikasi Kasir SPBU menggunakan STRUCT di c++

Dalam Pratikum algoritma pemrograman di kampus ST3TELKOM kali ini, kami diminta membuat suatu program aplikasi yang menggunakan beberapa struktur data seperti array, structure, double linked list, linked list dan lain sebagainya.
kami dari kelompok 7 membuat program aplikasi kasir SPBU dengan menggunakan STRUCT.
STRUCT sendiri adalah kumpulan data yang saling berhubungan, yang disimpan dalam satu unit penyimpanan. Misalkan pada suatu database penyimpanan data pegawai, dimana setiap pegawai akan menyimpan nama, alamat, dan gaji.
jika program dijalankan, untuk tampilan awalnya akan seperti ini :

 
Ini merupakan tampilan Nota pembayaran dari pembelian di SPBU, yang akan melakukan penginputan adalah admin, admin akan menginputkan nomor pompa dan selang, jenis BBM, serta jumlah bayar,


Oke langsung aja kita ke langkah - langkah pembuatan programnya:

-------------
// syntax program untuk mendeklarasikan struct
#include <iostream>
#include <string>

using namespace std;

struct data_BBM{
    string kode_BBM;
    string nama_BBM;
    int harga;
};

--------------
// syntax program yang akan menjalankan program
int main()
{
    string nama_penjaga, jenis, code, plat;
    data_BBM BBM;
    string kode_BBM[4]={"1", "2", "3", "4"};
    string nama_BBM[4]={"Premium", "Bio Solar", "Solar", "Pertamax"};
    int jml_uang, kembali, total=0;
    string no_pompa, no_selang;
    float liter, harga, uang;

    cout << "======================================="<<endl;
    cout << "     Selamat Datang di SPBU 44.531.26  "<<endl;
    cout << "   Jalan Overste Isdiman 11, Purwokerto"<<endl;
    cout << "======================================="<<endl;
    cout << "List Harga BBM : "<<endl;
    cout << "Kode        Jenis BBM         Harga "<<endl;
    cout << " 1           Premium      Rp. 8.500,00"<<endl;
    cout << " 2          Bio Solar     Rp. 7.500,00"<<endl;
    cout << " 3            Solar       Rp. 7.500,00"<<endl;
    cout << " 4          Pertamax      Rp. 10.300,00"<<endl;
    cout << "---------------------------------------"<<endl;

    cout << "Kode BBM : "; cin >> BBM.kode_BBM;
    if (BBM.kode_BBM == "1"){
        cout << "Jenis BBM : "<<nama_BBM[0]<<endl;
        cout << "Rp. 8.500/liter";
        jenis = "Premium";
        harga = 8500;
        nama_penjaga = "Anto";
        no_pompa = "1";
        no_selang = "1";
    }
    else if (BBM.kode_BBM == "2"){
        cout << "Jenis BBM : "<<nama_BBM[1]<<endl;
        cout << "Rp. 7.500/liter";
        jenis = "Bio Solar";
        harga = 7500;
        nama_penjaga = "Joni";
        no_pompa = "2";
        no_selang = "2";
    }
    else if (BBM.kode_BBM == "3"){
        cout << "Jenis BBM : "<<nama_BBM[2]<<endl;
        cout << "Rp. 7.500/liter";
        jenis = "Solar";
        harga = 7500;
        nama_penjaga = "Sutono";
        no_pompa = "3";
        no_selang = "3";
    }
    else if (BBM.kode_BBM == "4"){
        cout << "Jenis BBM : "<<nama_BBM[3]<<endl;
        cout << "Rp. 10.300/liter";
        jenis = "Pertamax";
        harga = 10300;
        nama_penjaga = "Farhan";
        no_pompa = "4";
        no_selang = "4";
    }
    else {
        cout << "Maaf anda salah memasukkan kode BBM";
    }
        cout << endl;
        cout << "Plat nomor : "; cin >> plat;
        cout << "Beli       : "; cin >> uang;
        cout << "Bayar      : "; cin >> jml_uang;
        total = total + uang;
        liter = uang / harga;
        kembali = jml_uang - uang;
    time_t now = time(0);
    char* dt = ctime(&now);
    cout << endl;
    cout << endl;
    cout << endl;
    cout << endl;
    cout << endl;
    cout << endl;
    cout << "                   -PERTAMINA-                        "<<endl;
    cout << "                 -SPBU 44.531.26-                     "<<endl;
    cout << "        -Jl. Overste Isdiman 11, Purwokerto-          "<<endl;
    cout << "                -Telp 0281 643663-                    "<<endl;
    cout << "------------------------------------------------------"<<endl;
    cout << dt <<endl;
    cout << "Nomor Pompa    : "<<no_pompa<<endl;
    cout << "Nomor Selang   : "<<no_selang<<endl;
    cout << "Nomor Plat     : "<<plat<<endl;
    cout << "Jenis BBM      : "<<jenis<<endl;
    cout << "Liter          : "<<liter<<endl;
    cout << "Harga/liter    : Rp. "<<harga<<",00"<<endl;
    cout << "Total          : Rp. "<<total<<",00"<<endl;
    cout << "Bayar          : Rp. "<<jml_uang<<",00"<<endl;
    cout << "Kembali        : Rp. "<<kembali<<",00"<<endl;
    cout << "======================================================"<<endl;
    cout << "Operator       : "<<nama_penjaga<<endl;
    cout << "        BBM subsidi untuk golongan TIDAK MAMPU        "<<endl;
    cout << "           TERIMA KASIH DAN SELAMAT JALAN             ";

    return 0;
}

 

sekian program aplikasi program kasir sederhana yang kami buat, 
jangan lupa tinggalkan komen yaa, makasiiiihhhh
kelompok 4 :
Dila Nurlaila
Muhammad Syafiq Nurul hilmi
Enggi Widya Atmaja
Aplikasi Kasir SPBU menggunakan STRUCT di c++ Aplikasi Kasir SPBU menggunakan STRUCT di c++ Reviewed by nur on December 14, 2014 Rating: 5

12 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesapossiblen yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan K.H. Tambring Abdullah hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com semua petunjuk K.H. Tambring Abdullah saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih K.H. Tambring Abdullah saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.programdanainstan.blogspot.com atau KLIK DISINI

      Delete
  2. bagaimana cara proses printnya.? apa hanya meenvetak saja.. mungkin dapat ditambahkan proses menyimpan data yang ingin dicetak di file txt.. karena kmaren saya sudah ketemu untuk dapat seperti itu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha cuma bisa di tampilkan,
      emg kaya begimana pak, ajarkan kita dong,

      Delete
  3. C itu kegunaannya buat apaan sihhh???
    dan saya mau memahami kode-kodenya cepet lupa kalo diinget.

    ReplyDelete
  4. C itu kegunaannya buat apaan sihhh???
    dan saya mau memahami kode-kodenya cepet lupa kalo diinget.

    ReplyDelete
  5. C itu kegunaannya buat apaan sihhh???
    dan saya mau memahami kode-kodenya cepet lupa kalo diinget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ditanya kegunaannya menurut aku sih sama aja kaya bahasa pemrograman yang lain, kalo mau bisa pemrograman yang penting itu adalah practice nnya :D

      Delete
  6. mungkin bisa ditambahkan penambahan logo gambar sebelum printout

    ReplyDelete

Powered by Blogger.