E-business
adalah bisa dibilang kegiatan transaksi di dunia maya, aktivitas ini terkait
dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa serta inovasi yang
di hadirkan oleh perusahaan untuk menghasilkan profit dengan memanfaatkan
sistem elektronik seperti internet. Para pelaku bisnis tentu sudah tidak asing
lagi dengan hal ini sebab kesehariannya mereka menggunakan sistem e-business
dalam memasarkan barang dan jasa mereka lewat internet. E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan
pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan
pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce
merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan
kegiatan menjual dan membeli.( perbedaan
antara e-commerce dengan-e-business dalam http://www.blog.jtc-indonesia.com)
B. Keuntungan,
kerugian serta hambatan yang ditimbulkan dari sistem e-business ditinjau dari:
1. aspek geografis (jangkauan, lintas wilayah).
Keuntungan
yang didapat:
Perusahaan mampu memperluas jangkauan
dan ruang gerak perusahaan untuk ekspansi dengan mudah (menembus batas ruang
dan waktu) dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal. Misalnya salah satu
contoh perusahaan yang menggunakan e-business adalah restoran makanan cepat
saji KFC. Dengan layanan pesan antar, KFC mampu melayani pelanggan yang cukup
jauh jaraknya dan dapat melayani pelanggan yang tidak memiliki waktu yang cukup
jika harus langsung datang memesan seperti pegawai perkantoran.
Memperluas pasar hingga mencakup pasar
nasional dan internasional, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak
pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis
dari segala penjuru yang dinilai paling cocok.
Kerugian
yang di timbulkan :
Tidak Ada
Pertemuan dengan Konsumen Secara Langsung
Salah satu kelemahan dari e-business yaitu tidak adanya akses antara pebisnis dengan konsumen. Agar bisa terjadi tatap muka secara langsung, mereka harus membuat kesepakatan untuk bertemu. Sehingga menimbulkan tingkat resiko penipuan yang tinggi karena tidak adanya pertemuan antara penjual dan pembeli.
Salah satu kelemahan dari e-business yaitu tidak adanya akses antara pebisnis dengan konsumen. Agar bisa terjadi tatap muka secara langsung, mereka harus membuat kesepakatan untuk bertemu. Sehingga menimbulkan tingkat resiko penipuan yang tinggi karena tidak adanya pertemuan antara penjual dan pembeli.
Hambatan
yang dihadapi :
Sarana dan prasarana yang masih belum memadai untuk melakukan sebuah e-business di desa – desa atau tempat – tempat yang belum memiliki infrastruktur yang memadai.
Sarana dan prasarana yang masih belum memadai untuk melakukan sebuah e-business di desa – desa atau tempat – tempat yang belum memiliki infrastruktur yang memadai.
Masih kurangnya kepercayaan dari
masyarakat umum yang belum mengenal lebih detail dari apa itu yang dimaksud
dengan e-business
2.
Aspek kinerja dan produktifitas
(waktu, tidak harus bertemu)
Keuntungan yang didapat :
Keuntungan yang didapat :
Keuntungan yang didapat dari aspek
kinerja dan produktifitas Lebih efisien waktu dan tempat sebab bisa di akses
kapanpun. Manfaat ini dapat dirasakan ketika terjadi perubahan-perubahan yang
cukup signifikan dalam cara perusahaan melakukan aktivitas operasional
sehari-hari. Dengan teknologi informasi perusahaan dapat berhubungan dengan
pelanggannya secara nonstop 24 jam. Keuntungan yang diperoleh pelanggan pada
layanan pesan antar adalah dapat memesan makanan hanya melalui pesawat telepon.
Kerugian
yang ditimbulkan :
Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak – pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak – pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
Berkurangnya transaksi tawar menawar
Biasanya barang yang tertera di website tidak sama dengan kenyataannya.
Biasanya barang yang tertera di website tidak sama dengan kenyataannya.
Hambatan
yang dihadapi :
Pada umumnya harga yang telah tertera di
website perusahaan sudah tidak bisa di tawar lagi, sebab kebanyakan perusahaan
yang memanfaatkan sistem jualan online tidak ingin kesulitan atau mempersulit
dalam hal bertransaksi.
3. Aspek pemanfaatan teknologi informasi
Keuntungan
yang didapatkan :
Sebagaimana pada kenyataannya bahwa e-business sendiri tidak lepas dari yang namanya teknologi informasi, keuntungan yang didapat dari pemakaian teknologi informasi ini sendiri bagi perusahaan tentu menyakup semua keuntungan dari segala aspek. Perusahaan akan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana dalam mengiklankan ataupun memasarkan produk dan perusahaannya agar produk tersebut tidak hanya dipakai tapi juga di sarankan oleh konsumen ke konsumen yang lain.
Sebagaimana pada kenyataannya bahwa e-business sendiri tidak lepas dari yang namanya teknologi informasi, keuntungan yang didapat dari pemakaian teknologi informasi ini sendiri bagi perusahaan tentu menyakup semua keuntungan dari segala aspek. Perusahaan akan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana dalam mengiklankan ataupun memasarkan produk dan perusahaannya agar produk tersebut tidak hanya dipakai tapi juga di sarankan oleh konsumen ke konsumen yang lain.
Perusahaan akan mudah dalam memberitahu
kepada konsumen bahwa ada pembaharuan yang mengutungkan, seperti undian poin,
free product dll
Serta perusahaan dapat mengadakan sebuah
kerjasama dengan perusahaan lainnya dalam meningkatkan pemasukkan profit bagi
perusahaan
Dengan dimanfaatkannya teknologi
informasi didalam berbagai rangkaian bisnis, maka akan terlihat bagaimana
perusahaan dapat mengurangi total biaya operasional yang biasa dikeluarkan
Kerugian
yang ditimbulkan :
Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan
teknologi saat ini membuat pola pikir manusiapun berubah, semakin maju
teknologi, manusiapun dituntut untuk memiliki keahlian yang lebih dalam
mengoperasikan teknologi, banyak yang mengambil manfaatnya tapi banyak pula
yang memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pribadi, misalnya pembobolan sebuah
sistem oleh hacker, yang misalkan di sistem perbankan, memindahkan sejumlah
rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
Contoh lainnnya yaitu transaksi yang dilarang, misalnya perdagangan barang – barang illegal, yang konsumen sendiri tidak mengetahui apakah barang yang di pajang di website perusahaan tersebut memiliki lisensi atau tidak.
Contoh lainnnya yaitu transaksi yang dilarang, misalnya perdagangan barang – barang illegal, yang konsumen sendiri tidak mengetahui apakah barang yang di pajang di website perusahaan tersebut memiliki lisensi atau tidak.
Hambatan
yang dihadapi :
Belum terbentuknya high trust society, perubahan pola konsumen dari pola konvensional ke virtual. Masyrakat masih terbiasa membeli dengan memegang barang yang akan di beli dan menanyakan sedetail mungkin tentang produk yang akan mereka beli.
Belum terbentuknya high trust society, perubahan pola konsumen dari pola konvensional ke virtual. Masyrakat masih terbiasa membeli dengan memegang barang yang akan di beli dan menanyakan sedetail mungkin tentang produk yang akan mereka beli.
Masih sedikitnya SDM yang memahami dan
menguasai dengan baik dan benar konsep dan implementasi dari e-business
sehingga masih dipandang sebelah mata sebagai sistem yang sulit digunakan.
DAFTAR PUSTAKA
1. www.
Kfcku.com
2. www.kfcindonesia.com
3. http://fitriana015.blogspot.com/2010/06/kentucky-fried-chicken-di-indonesia.html
4. https://dwiyustiyanita.wordpress.com/2013/11/24/strategi-pemasaran-kfc
5.http://asrynicupacup.blogspot.com/2011/10/kelebihan-dan-kekurangan-e-commerce-dan.html
6.https://dimasandree.wordpress.com/2013/10/23/jenis-dan-hambatan-dalam-e-business/
7.http://bayudewa.blogspot.com/2012/12/v-behaviorurldefaultvmlo.html
Keuntungan, Kerugian Serta Hambatan yang Ditimbulkan Sistem E-Business
Reviewed by nur
on
January 02, 2015
Rating:
No comments: