Keuntungan, Kerugian Serta Hambatan yang Ditimbulkan Sistem E-Business



A.   Pengertian e-business
E-business adalah bisa dibilang kegiatan transaksi di dunia maya, aktivitas ini terkait dengan pembelian, penjualan, pemasaran barang ataupun jasa serta inovasi yang di hadirkan oleh perusahaan untuk menghasilkan profit dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet. Para pelaku bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan hal ini sebab kesehariannya mereka menggunakan sistem e-business dalam memasarkan barang dan jasa mereka lewat internet. E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.( perbedaan antara e-commerce dengan-e-business dalam http://www.blog.jtc-indonesia.com)
B.  Keuntungan, kerugian serta hambatan yang ditimbulkan dari sistem e-business ditinjau dari:
1.     aspek geografis (jangkauan, lintas wilayah).
Keuntungan yang didapat: 
Perusahaan mampu memperluas jangkauan dan ruang gerak perusahaan untuk ekspansi dengan mudah (menembus batas ruang dan waktu) dan tanpa memerlukan biaya yang relatif mahal. Misalnya salah satu contoh perusahaan yang menggunakan e-business adalah restoran makanan cepat saji KFC. Dengan layanan pesan antar, KFC mampu melayani pelanggan yang cukup jauh jaraknya dan dapat melayani pelanggan yang tidak memiliki waktu yang cukup jika harus langsung datang memesan seperti pegawai perkantoran.
Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan internasional, sehingga perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis dari segala penjuru yang dinilai paling cocok.
Kerugian yang di timbulkan :
Tidak Ada Pertemuan dengan Konsumen Secara Langsung
Salah satu kelemahan dari e-business yaitu tidak adanya akses antara pebisnis dengan konsumen. Agar bisa terjadi tatap muka secara langsung, mereka harus membuat kesepakatan untuk bertemu.
Sehingga menimbulkan tingkat resiko penipuan yang tinggi karena tidak adanya pertemuan antara penjual dan pembeli.
Hambatan yang dihadapi : 
Sarana dan prasarana yang masih belum memadai untuk melakukan sebuah e-business di desa – desa atau tempat – tempat yang belum memiliki infrastruktur yang memadai.
Masih kurangnya kepercayaan dari masyarakat umum yang belum mengenal lebih detail dari apa itu yang dimaksud dengan e-business

2.      Aspek kinerja dan produktifitas (waktu, tidak harus bertemu) 
Keuntungan yang didapat :
Keuntungan yang didapat dari aspek kinerja dan produktifitas Lebih efisien waktu dan tempat sebab bisa di akses kapanpun. Manfaat ini dapat dirasakan ketika terjadi perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam cara perusahaan melakukan aktivitas operasional sehari-hari. Dengan teknologi informasi perusahaan dapat berhubungan dengan pelanggannya secara nonstop 24 jam. Keuntungan yang diperoleh pelanggan pada layanan pesan antar adalah dapat memesan makanan hanya melalui pesawat telepon.
Kerugian yang ditimbulkan :
Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak – pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
Berkurangnya transaksi tawar menawar 
Biasanya barang yang tertera di website tidak sama dengan kenyataannya.
Hambatan yang dihadapi :
Pada umumnya harga yang telah tertera di website perusahaan sudah tidak bisa di tawar lagi, sebab kebanyakan perusahaan yang memanfaatkan sistem jualan online tidak ingin kesulitan atau mempersulit dalam hal bertransaksi.

3.      Aspek pemanfaatan teknologi informasi
Keuntungan yang didapatkan :
Sebagaimana pada kenyataannya bahwa e-business sendiri tidak lepas dari yang namanya teknologi informasi, keuntungan yang didapat dari pemakaian teknologi informasi ini sendiri bagi perusahaan tentu menyakup semua keuntungan dari segala aspek. Perusahaan akan memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana dalam mengiklankan ataupun memasarkan produk dan perusahaannya agar produk tersebut tidak hanya dipakai tapi juga di sarankan oleh konsumen ke konsumen yang lain.
Perusahaan akan mudah dalam memberitahu kepada konsumen bahwa ada pembaharuan yang mengutungkan, seperti undian poin, free product dll
Serta perusahaan dapat mengadakan sebuah kerjasama dengan perusahaan lainnya dalam meningkatkan pemasukkan profit bagi perusahaan
Dengan dimanfaatkannya teknologi informasi didalam berbagai rangkaian bisnis, maka akan terlihat bagaimana perusahaan dapat mengurangi total biaya operasional yang biasa dikeluarkan
Kerugian yang ditimbulkan :
Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi saat ini membuat pola pikir manusiapun berubah, semakin maju teknologi, manusiapun dituntut untuk memiliki keahlian yang lebih dalam mengoperasikan teknologi, banyak yang mengambil manfaatnya tapi banyak pula yang memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pribadi, misalnya pembobolan sebuah sistem oleh hacker, yang misalkan di sistem perbankan, memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
Contoh lainnnya yaitu transaksi yang dilarang, misalnya perdagangan barang – barang illegal, yang konsumen sendiri tidak mengetahui apakah barang yang di pajang di website perusahaan tersebut memiliki lisensi atau tidak.
Hambatan yang dihadapi :
Belum terbentuknya high trust society, perubahan pola konsumen dari pola konvensional ke virtual. Masyrakat masih terbiasa membeli dengan memegang barang yang akan di beli dan menanyakan sedetail mungkin tentang produk yang akan mereka beli.
Masih sedikitnya SDM yang memahami dan menguasai dengan baik dan benar konsep dan implementasi dari e-business sehingga masih dipandang sebelah mata sebagai sistem yang sulit digunakan.




DAFTAR PUSTAKA
      1.  www. Kfcku.com
      2.   www.kfcindonesia.com
      3.  http://fitriana015.blogspot.com/2010/06/kentucky-fried-chicken-di-indonesia.html
      4.   https://dwiyustiyanita.wordpress.com/2013/11/24/strategi-pemasaran-kfc
      5.http://asrynicupacup.blogspot.com/2011/10/kelebihan-dan-kekurangan-e-commerce-dan.html
      6.https://dimasandree.wordpress.com/2013/10/23/jenis-dan-hambatan-dalam-e-business/
      7.http://bayudewa.blogspot.com/2012/12/v-behaviorurldefaultvmlo.html
Keuntungan, Kerugian Serta Hambatan yang Ditimbulkan Sistem E-Business Keuntungan, Kerugian Serta Hambatan yang Ditimbulkan Sistem E-Business Reviewed by nur on January 02, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.