Menambah Google Play Service pada Android Studio




Google Play Service adalah layanan yang diberikan Google kepada para developer atau customer untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebagai Developer Android, manfaat yang kita dapat dari Google Play Service antara lain:
  1. Google Map
  2. Google Play
  3. Play in-app Billing
  4. Cloud Messaging
  5. Admob
  6. Dll

Fitur-fitur yang tersedia di dalam Google Play Service akan dibahas lebih lanjut pada artikel khusus. Sementara ini, kita akan membahas secara khusus cara menambah Google Play Service ke dalam ADT yang telah kita integrasikan dengan Android Studio.

Salah satu layanan yang disediakan Google dan dapat dimanfaatkan oleh Android adalah Google Maps. Dengan layanan ini memungkinkan user melihat peta dunia, mencari posisi suatu tempat, mendapatkan petunjuk arah dari suatu tempat ke tempat lainnya, dan sebagainya.

Dari kacamata atau sudut pandang pengguna Android ,Google Play Services merupakan sebuah layanan dari semua produk Google di perangkat Android kalian. Jika kalian mengupdate Google Play Services maka fitur-fitur dari keseluruhan produk Google akan terupdate seperti Google Now,Google Map, dan lain-lain. 

Namun dari sudut pandang Developer Android,Google Play Services merupakan sebuah kumpulan library yang peruntukan bagi Developer Android yang ingin menyematkan produk Google ,ke dalam Aplikasi Android mereka. Jadi jika kalian ingin membuat Aplikasi Map/Peta seperti Google Maps di Aplikasi Android kalian menggunakan Android Studio. Kalian harus terlebih dahulu menginstal dan memasangkan Google Play Services pada Project Aplikasi Android kalian.

Berikut Cara Menginstall Google Play Services di Android Studio:

Menginstall Google Play Services 

1.      Buka Android Studio

2.      Buka menu  Tools Android SDK Manager.



3.      Ceklist pada Google Play services lalu pilih Instal packages di pojok bawah

4.      Lalu akan muncul jendela Choose Package install seperti pada gambar dibawah:

Pilih Accept License lalu Install

tunggu beberapa saat, dan tada Google Play Service telah terinstall 


Menambah Google Play Service pada Android Studio Menambah Google Play Service pada Android Studio Reviewed by nur on February 07, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.